Membuat Pencarian Data pada DataGrid di Visual Basic 6


Prodeku - Dalam pembuatan sebuah program tentunya dibutuhkan sebuah kotak pencarian. Kotak Pencarian tersebut nantinya akan digunakan untuk mencari data-data yang ada pada database. Misalkan kalau pada program yang kita gunakan memiliki data yang berjumlah ratusan bahkan ribuan, tentunya sangat sulit dan capek kan kalau harus kita cari satu persatu? yang pasti, fungsi dari kotak pencarian yaitu agar lebih menghemat waktu kali ya. hehe..

Yups, sesuai pembahasan diatas, kali ini saya akan membagikan tutorial tentang cara membuat pencarian data pada DataGrid yang akan kita buat pada aplikasi Microsoft Visual Basic 6 tentunya. Sebenarnya pencarian banyak jenis nya, namun dalam pembahasan kali ini akan menggunakan DataGrid dalam penampilan datanya. Mari, ikuti tutorial berikut ini.

Langkah Awal

Untuk langkah awal, tentunya siapkan sebuah project yang sudah dihubungkan pada database serta memiliki sebuah form yang sudah ada tombol - tombol untuk penginputan data. Jika belum, anda dapat mengunduh sourcecode nya pada artikel Membuat Tombol Tambah, Simpan, Edit dan Hapus pada Visual Basic 6. Jika sudah, silahkan desain ulang dengan tampilan kurang lebih seperti ini.

Desain Form
Keterangan:
  • CommandButton6 : &Cari
  • CommandButton7 : &Refresh
  • Textbox4 : Cari Nomor

Membuat Tombol Cari

Untuk tahap ini, kita akan menambahkan rumus pada tombol cari yang nantinya digunakan untuk proses pencarian data. Silahkan ketik kode berikut ini pada lembar kerja.

'Tombol Pencarian
Private Sub Command6_Click()
Call koneksi
rsdata.CursorLocation = adUseClient
rsdata.Open "Select * from tbl_data where nomor like '%" & Text4 & "%'", CONN
If Not rsdata.EOF Then
With rsdata
With DataGrid1
Set .DataSource = rsdata
.Refresh
End With
End With
End If
End Sub

Penjelasan: Untuk yang berwarna pink merupakan pemanggilan database yang telah dihubungkan pada modul. Kemudian untuk yang berwarna kuning merupakan field dari database serta kunci dari pencarian. jika ingin mencari berdasarkan nama, silahkan ganti dengan field "nama". Sedangkan yang berwarna hijau merupakan textbox yang akan digunakan untuk pencarian.

Membuat Kotak Input Pencarian

Agak bingung buat sub judul yang ini, hehe. Maksud saya adalah textbox yang akan kita gunakan untuk menginput data yang ingin dicari nantinya. Silahkan ketik kode berikut ini.

Private Sub text4_Click()
Text4.Text = ""
End Sub

Penjelasan: Sebenarnya kode diatas nggak digunakan juga nggak papa. Cuma disini saya tampilkan agar ketika program dijalankan anda tidak perlu menghapus tulisan pada textbox. Jadi, ketika textbox diklik, tulisan yang ada akan hilang.

Membuat Tombol Refresh

Tau kan fungsinya, yang pasti untuk mengembalikan data yang ada di datagrid seperti semula. Silahkan ketik kode berikut ini.

'merefresh datagrid seperti semula
Private Sub Command7_Click()
Text4.Text = ""
Form_Activate
End Sub

Penjelasan: Untuk yang berwarna pink merupakan pengosongan textbox, jadi data yang ada pada textbox pencarian tadi akan kosong. Sedangan yang berwarna kuning digunakan untuk merefresh data.

Apakah sudah anda ketik semua? jika sudah, silahkan RUN pregram anda lalu coba untuk mencari data.

Demikian tutorial cara membuat pencarian data pada datagrid yang dibuat dengan visual basic 6. Terus ikuti tutorial lainnya hanya di Prodeku. Selamat Mencoba!

5 Komentar untuk "Membuat Pencarian Data pada DataGrid di Visual Basic 6"

  1. Masih error gan.. Linknya ngak mau kebuka.. 😂

    BalasHapus
  2. Masih error gan.. Linknya ngak mau kebuka.. 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesini mas, masing2 artikal yang saya buat saling berhubungan soalnya. https://prodeku.blogspot.co.id/2016/01/membuat-tombol-tambah-simpan-edit-dan-hapus-pada-visual-basic-6.html

      Hapus
  3. Call koneksi diganti apa, Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disesuaikan dengan pemanggilan yang ada di modul mas.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel